Orang-orang Jenius dari Indonesia yang Diperhitungkan Dunia

1.Prof. Nelson Tansu
images (1)

Pria kelahiran 20 Oktober 1977 ini adalah seorang jenius. Ia adalah pakar teknologi nano. Fokusnya adalah bidang eksperimen mengenai semikonduktor berstruktur nano. Teknologi nano adalah kunci bagi perkembangan sains dan rekayasa masa depan. Inovasi-inovasi teknologi Amerika, yang mempengaruhi kehidupan sehari-hari seluruh orang di dunia, bertopang pada anak anak muda brilian semacam Nelson. Nelson, misalnya, mampu memberdayakan sinar laser dengan listrik superhemat. Sementara sinar laser biasanya perlu listrik 100 watt, di tangannya cuma perlu 1,5 watt. Pada usia yang belum 32 tahun, Nelson diangkat sebagai profesor di Universitas Lehigh. Itu setelah ia memecahkan rekor menjadi asisten profesor termuda sepanjang sejarah pantai timur di Amerika. Ia menjadi asisten profesor pada usia 25 tahun, sementara sebelumnya, Linus Pauling, penerima Nobel Kimia pada 1954, menjadi asisten profesor pada usia 26 tahun. Mudah bagi anak muda semacam Nelson ini bila ingin menjadi warga negara Amerika. Sampai kini ia getol merekrut mahasiswa Indonesia untuk melanjutkan riset S-2 dan S-3 di Lehigh. Ia masih memiliki ambisi untuk balik ke Indonesia dan menjadikan universitas di Indonesia sebagai universitas papan atas di Asia

2.Prof. Dr.-Ing. Dr. Sc. H.C. Mult. Bacharuddin Jusuf Habibie
images (2)

Lahir tanggal 25 Juni 1936 di Parepare, Sulawesi Selatan Indonesia. Setelah menyelesaikan kuliahnya dengan tekun selama lima tahun, B.J. Habibie memperoleh gelar Insinyur Diploma dengan predikat Cum Laude di Fakultas Teknik Mekanik Bidang Desain dan Konstruksi Pesawat Udara. Kejeniusannya membawanya memperoleh Gelar Doktor Insinyiur di Fakultas Teknik Mekanik Bidang Desain dan Konstruksi Pesawat Udara dengan predikat Cum Laude tahun 1965.
B.J. Habibie memulai kariernya di Jerman sebagai Kepala Riset dan Pembangunan Analisa Struktur Hamburger Flugzeugbau Gmbh, Hamburg Jerman (1965-1969). Kepala Metode dan Teknologi Divisi Pesawat Terbang Komersial dan Militer MBB Gmbh, Hamburg dan Munchen (1969-1973). Wakil Presiden dan Direktur Teknologi MBB Gmbh Hambur dan Munchen (1973-1978), penasehat teknologi senior untuk Direktur MBB bidang luar negeri (1978). Pada tahun 1977 dia menyampaikan orasi jabatan guru besarnya tentang konstruksi pesawat terbang di ITB Bandung. Tergugah untuk melayani pembangunan bangsa, tahun 1974 B.J. Habibie kembali ke tanah air, ketika Presiden Soeharto memintanya untuk kembali. Dia memulai kariernya di tanah air sebagai Penasehat Pemerintah Indonesia pada bidang teknologi tinggi dan teknologi pesawat terbang yang langsung direspon oleh Presiden Republik Indonesia (1974-1978). Pada tahun 1978 dia diangkat sebagai Menteri Negara Riset dan Teknologi merangkap sebagai kepala BPPT. Dia memegang jabatan ini selama lima kali berturut-turut dalam kabinet pembangunan hingga tahun 1998.
Presiden B.J. Habibie memegang jabatan presiden selama 518 hari dan sukses menyelenggarakan Pemilu paling demokratis yang pernah ada yaitu Pemilu 1999. Prof. B.J. Habibie mempunyai medali dan tanda jasa nasional dan internasional, termasuk ‘Grand Officer De La Legium D’Honour, hadiah tertinggi dari Pemerintah Perancis atas konstribusinya dan pembangunan industri di Indonesia pada tahun 1997; ‘Das Grosskreuz’ medali tertinggi atas konstribusinya dalam hubungan Jerman-Indonesia tahun 1987; ‘Edward Warner Award, pemberian dari Dewan Eksekutif Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO) pada tahun 1994; ‘Star of Honour ‘Lagran Cruz de la Orden del Merito Civil dari Raja Spanyol tahun 1987. Dia juga menerima gelar doktor kehormatan dari sejumlah universitas, seperti Institut Teknologi Cranfield, Inggris; Universitas Chungbuk Korea dan beberapa universitas lainnya.
Habibie terlibat dalam proyek perancangan dan desain pesawat terbang seperti Fokker 28, Kendaraan Militer Transall C-130, CN-235, N-250 dan N-2130. Dia juga termasuk perancang dan desainer yang jlimet Helikopter BO-105, Pesawat Tempur, beberapa missil dan proyek satelit.Banyak orang menganggap beliaulan orang tercerdas, terpintar yang pernah dimiliki Indonesia.

3.Profesor Dr. Ken Kawan Soetanto
Profesor Dr. Ken Kawan Soetanto

Prestasi membanggakan ditorehkan Profesor Dr. Ken Kawan Soetanto. Pria kelahiran Surabaya ini berhasil menggondol gelar profesor dan empat doktor dari sejumlah universitas di Jepang. Lebih hebatnya, puncak penghargaan akademis itu dicapainya pada usia 37 tahun. ia sudah mematenkan 31 penemuannya, 29 di Jepang, dua di AS, untuk bidang interdisipliner ilmu elektronika, kedokteran, dan farmasi.
Sebegitu terkenalnya Soetanto di Jepang sampai-sampai oleh mahasiswanya ia memiliki metode khusus mengajar yang diberi nama “Metode Soetanto” atau “Efek Soetanto”. Pada 1988-1993, dia tercatat sebagai direktur Clinical Education and Science Research Institute (CERSI) merangkap associate professor di Drexel University dan School Medicine at Thomas Jefferson University, Philadelphia, AS. Dia juga pernah tercatat sebagai profesor di Biomedical Engineering, Program University of Yokohama (TUY). Selain itu, pria kelahiran 1951 tersebut saat ini masih terdaftar sebagai prosefor di almameternya, School of International Liberal Studies (SILS) Waseda University, serta profesor tamu di Venice International University, Italia.
Otak arek Suroboyo itu memang brilian. Dia berhasil menggabungkan empat disiplin ilmu berbeda. Hal tersebut terungkap dari empat gelar doktor yang diperolehnya. Yakni, bidang applied electronic engineering di Tokyo Institute of Technology, medical science dari Tohoku University, dan pharmacy science di Science University of Tokyo. Yang terakhir adalah doktor bidang ilmu pendidikan di almamater sekaligus tempatnya mengajar, Waseda University. “Sistem pendidikan di sini (Indonesia) sudah tertinggal jauh”. Satu penemuannya bernama NEDO (The New Energy and Industrial Technology Development Organization) memberinya penghormatan sebagai penelitian puncak di Jepang dalam rentang 20 tahun, 1987-2007.

18 responses to “Orang-orang Jenius dari Indonesia yang Diperhitungkan Dunia

  1. IQ aku ditahun 2000 dinyatakan oleh lembaga intelegensi singapore adalah resmi 134. aku sangat menyukai berhitung atau math sejak kecil . akupun sangat menyukai dunia menulis hingga saat ini. kecepatan dalam berhitung dinyatakan sedikit lebih awal ketimbang kalkulator. bangga dan bangga. sejak kecil aku menyukai musik kalsik dan instrumentalia dari jenis alat musik apapun. makanana bergisi penuh protein selalu taat dikeluarga kami untuk memiliki kecerdasan yang mumpuni. ikan ,sayuran hijau dan menjauhi rokom adalah rahasianya. belajar dan belajar adalah pendukungnya. ketika aku berhitung lebih banyak melihat angka angka selalu muncul bersamaan dengan angka lain dan terus berkembang ketika aku mencari jalan keluarnya. hal itu mengalir begitu saja. segala gambar bisa terbaca maknanaya ketika aku fokus dengan satu gambar, maka gambar lainnya mulai bermunculan sebagai jawabana gambar yang berikutnya. apapun yg aku katakan ini mungkin membingungkan banyak orang, tetapi itulahj yang akau alami …apa adanya.

  2. Terima kasih kepada Muhammad Yusuf Hasibuan yang telah berkunjung ke situs saya. Terima kasih juga kepada Anugrah yang telah berbagi cerita terkait kecerdasan dan kebiasaan baik sejak kecil hingga sekarang bisa menjadi bagian dari orang-orang jenius. Benar adanya, kejeniusan adalah anugrah sejak lahir yang tidak dimiliki setiap orang. Namun kebiasaan baik seperti yang disampaikan Anugrah sangatlah penting guna menunjang untuk kedepannya. Makan-makanan yang bergizi tinggi, menghindari rokok dan minuman keras untuk orang Indonesia, belajar dan belajar, hal itu sangatlah penting untuk menunjang kecerdasan IQ seseorang. Untuk seseorang yang hanya di anugrahi IQ tingkat sedang, mau tidak mau harus berusaha jauh lebih keras daripada seseorang yang telah di anugrahi IQ jenius seperti mas Anugrah diatas. Belajarlah dengan serius, fokus dengan apa yang dipelajari. Hindari dunia kemaksiatan. Menurut penelitian, kemaksiatan (menonton Film/foto/segala sesuatu yang berkaitan dengan pornografi) sangatlah berpengaruh pada perkembangan otak. Karena hal-hal semacam itu membuat kita selalu ketagihan dengan hal yang sama dan akhirnya syaraf otak kita hanya akan dipenuhi dengan hal-hal demikian. Dan pastilah sangat mengganggu bagi orang yang ingin mengembangkan kemampuan otaknya jika sudah demikian. Untuk keluar dari hal-hal semacam itu juga bisa dikatakan lebih sulit daripada para pemakai narkoba, karena tidak ada rehabilitasi dan sebagainya terkait hal tersebut.

    Sekali lagi terima kasih kepada M.Y. Hasibuan dan Anugrah. Senang mas anugrah mau berbagi tips terkait kejeniusannya.
    salam,

    Fauzi🙂

    • Terima kasih atas kunjungan anda ke situs saya..😀 , yang terjenius cuma satu, namun kalau orang jenius di Indonesia sebenarnya banyak. Dan beberapa justru malah memegang peranan penting dimata dunia seperti yang saya contohkan tiga diatas. seperti yang sedang ramai dibicarakan sekarang yaitu Mas Ricky Elson sang putra petir. Beliau ditempa dinegeri sakura jepang. dan mnjadi petir karena telah menemukan penemuan dibidang motor listrik dan dipatenkan disana. Beliau dirangkul dahlan Iskan untuk menatap masa depan Indonesia terkait proyek mobil listrik. Namun proyek itu sepertinya tak semulus yang dibayangkan kaena pendaan dan regulasi pemerintah kita sendiri. Dan sebenarnya masih banyak lagi, seoga dilain waktu saya bisa menambahkan profil dan cerita sukses orang indonesia yang mempunyai peranan penting di Dunia.

  3. Manusia adalah makhluk ciptaan Allah SWT yang paling sempurna. Manusia yang paling jenius yang pernah ada adalah Nabi Adam, karena beliau langsung diajarkan oleh Allah SWT ttg segala hal, dan disiapkan untuk menjadi khalifah di muka bumi ini. Dan kita sebagai penerusnya mewarisi DNA beliau. Dan yakinlah setiap dari diri manusia mempunyai potensi yang besar, dan menunggu untuk ditemukan dan diungkap, serta dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kemaslahatan umat.

    Yang ingin saya sampaikan adalah kecerdasan tidak hanya diukur melalui IQ (intelligence quotient), namun masih banyak parameter yang lain seperti EQ (emotional quotient), SQ (Spiritual quotient) maupun ESQ (Emotional & Spiritual Quotient).

    Dari berbagai macam research/penelitian ttg talent / bakat, setiap manusia adalah unik, dan mempunyai potensi dan talent yg berbeda-beda, maka jangan digeneralisir hanya dengan menilai berdasarkan IQ.

    Yakinlah, bahwa Engkau adalah hebat, dan temukan kehebatanmu masing-masing, kemudian carilah makna untuk apa keberadaan kita di muka bumi. Yang pasti untuk membuat sesuatu yang berarti, dan menjalankan ketentuan ALLAH, insyaAllah tidak ada yang sia-sia dengan semua ini.

    Mohon maaf jika tulisan saya tidak berkenan, Jika ada yg kurang benar, dari yang saya sampaikan, saya mohon maaf.

    • Terima kasih atas kunjungan dan kesediaanya menanggapi laman ini. Benar yang dikatakan mas Murdiyono, banyak hal lain yang harus di miliki oleh seseorang untuk menjadi orang yang cerdas. Kejeniusan tidak akan bisa berbicara banyak jika EQ, SQ dan ESQ seseorang rendah. Karena kecerdasan tidak hanya sebuah pengakuan, akan tetapi juga sebuah pengabdian, pengabdian dimana kecerdasan tersebut membawa manfaat tidak hanya untuk diri sendiri, melainkan untuk kepentingan masyarakat banyak. Mari kita saling belajar dan saling memotivasi agar dapat berperan lebih untuk masyarakat. Marilah menjadi seseorang yang kaffah, totalitas terhadap apa yang kita tekuni. Kesuksesan tidak harus mempunyai pencapaian lebih dari orang lain, akan tetapi kita harus bisa memberi manfaat lebih banyak untuk orang lain. salam…

  4. sy begitu sangat bqngga ketika melihat orang jenius di indonesia, apalagi orang indonesia sendiri seperti mereka,
    tetapi sekarang adakah orang baru seperti beliau,
    apqkah kita cukup hanya dengan mengagumi,
    dan tidakkah kita berusaha untuk bisa seperti beliau

    • Terima kasih sudah membaca dan menyempatkan untuk memberikan pendapat terkait artikel diatas. Sebenarnya masih banyak orang Indonesia yang mempunyai pengaruh besar dinegara lain, bahkan berperan aktif tidak hanya untuk Indonesia, tapi untuk kepentingan dunia. Berita yang sedang ramai di media Indonesia terkait dirut Pertamina yang mengundurkan diri dari jabatanya dan lebih memilih mengabdikan dirinya di dunia pendidikkan dengan mengajar di Hardvard university. Sudah tidak diragukan lagi prestasi beliau bersama Pertamina,hingga mmperoleh berbagai penghargaan dari dunia. Karen agustiawan. Dan masih banyak lagi deretan nama -nama orang Indonesia yang mempunyai andil dan berperan penting demi kepentingan dunia. Banyak juga tunas-tunas bangsa yang sedang mengasingkan diri untuk memperoleh pendidikan dan mentor terbaik di bidangnya masing-masing. Mari kita saling mendukung stakeholder lain dan senantiasa berusaha melakukan yang terbaik dan menjadi yang terbaik dibidang kita masing-masing sebagai masyarakar suatu bangsa. Karena keberhasilan suatu bangsa, keberhasilan dunia, tidak bisa kalau hanya mengandalkan satu dua orang yang bisa berpengaruh. Namun harus tetap di imbangi oleh setiap elemen masyarakat yang ada.
      Salam,

      Grahafauzi,

    • Terima kasih atas kunjungan dan tanggapannya. Saya kurang tahu apakah IQ bisa ditingkatkan atau tidak. Yang pasti setiap manusia mempunyai volume otak yang luar biasa. Dan pada umumnya manusia baru memakai 10% dari volume otaknya untuk berfikir belajar dan melakukan setiap kegiatannya. Meningkatkan penggunaan volume otak akan bisa meningkatkan kecerdasan dan kesehatan jiwa pada umumnya.

  5. jenius itu anugrah Tuhan. jadikan kejeniusan tsb untuk kepentingan dan kebaikan nusa bangsa dan negara Indonesia. jika anda termasuk orang yang jenius jadilah pribadi yang bijaksana agar kejeniusan anda sempurna.

    • Terima kasih atas kunjungan dan tanggapannya. Benar sekali, karena kesempuranaan hanya terdapat pada hal-hal yang positif. Semoga kita semua senantiasa dituntun untuk menjadi pribadi yang bisa memaksimalkan kemampuan yang dimiliki kita untuk hal yang positif.

    • Mungkin msh bnyk d luar sana org2 jenius…emg bnar,tapi bnyk org jenius mnjalani hdupnya dgn jalan yg berbeda,tp percayalah dgn dri sndri dan lakukan hal positif slma kta sanggup melakukn hal trsebut,prlu d ingat kt d dunia itu bersifat smentara,dn akn kmbl kpd yg Maha Kuasa…trm ksh…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s